FEBI UIN Mataram Sukses Gelar Konferensi International Soal Development Halal Industry

FEBI UIN Mataram Sukses Gelar Konferensi International Soal Development Halal Industry

Kamis, 6 Juli 2023. Program Studi Pariwisata Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Mataram gelar kegiatan konferensi internasional dengan tema “Halal Industry, Green Finance, Economics dan Business: Opportunity and Future Challenge”, diikuti oleh kalangan akademisi luar negeri dan dalam negeri. Keynote Speaker dalam agenda ini diantaranya: Assoc. Prof. Mohammad Rahimme Ibrahim (University of Geomatika Malaysia); Prof. Dr. Irwandi Jaswir (IIUM); Dr. Adel Ibrahim Alturky (Majmaah University Saudi Arabia); Prof. Sarah Gardiner (Griffth University); H. Akhmad Saufi,, S.E., M.Bus., Ph.D dan Sekretaris Prodi Pariwisata Syariah FEBI UIN Mataram Bapak Wahyu Khalik, M.Par. Kegiatan ini dihadiri juga oleh Rektor UIN Mataram, Bapak Prof. Dr. TGH. Masnun, M.Ag., Jajaran Dekanat dan Civitas Akademik FEBI secara hybrid, melalui Zoom Meeting dan offline bertempat di Ruang Aula FEBI dengan jumlah total peserta 100 orang.

Ibu Dr. Baiq EL Badriati, M.E.I., Dalam sambutannya sebagai Ketua Panitia Agenda ini, mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah ikut andil dalam menyukseskan kegiatan ini dan semoga memberikan manfaat dan solusi bagi permasalahan yang ada di Lombok, khususnya Indonesia dan kancah global.

Dr. Riduan Mas’ud, M.Ag, selaku Dekan FEBI UIN Mataram juga menyatakan bahwa International Conference on Development Halal Industry (ICODHI) 2023 ini akan menjadi embrio Fakultas Pariwisata dan Industri Halal kedepan yang juga bagian dari satu program besar Rektor UIN Mataram. Beliau juga menerangkan bahwa tema yang diusung kali ini menjadi menarik untuk diperbincangkan karena berkaitan dengan industri halal yang memiliki peluang besar baik dari lini pariwisata halal dan aspek lainnya. Beliau juga menegaskan komitmen FEBI untuk terus membangun sinergi kedepan antar Universitas baik dalam dan luar negeri untuk membahas Halal Industry.

Dalam kesempatan ini Rektor UIN Mataram Bapak Prof. Dr. TGH. Masnun, M.Ag., memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan ini, berterima kasih kepada seluruh pihak termasuk Keynote Speaker dan Presenter yang akan sharing terkait Halal Industry dalam konferensi ini. Beliau juga menjelaskan, saat ini Fakultas yang ada di UIN Mataram hampir keseluruhannya memiliki mobilitas tinggi dalam mengadakan agenda-agenda internasional juga salah satu bagian dari implementasi kerjasama / MoU yang telah dilakukan. Kerjasama ini harus terus dikembangkan untuk mendapatkan pengakuan internasional Disamping itu, UIN Mataram menjadi Pilot Project untuk program Double Degree dengan Universitas Indonesia, harus melibatkan seluruh mahasiswa UIN Mataram untuk ikut ambil andil dalam program ini dan kedepannya UIN Mataram akan menjadi lalu lintas kampus internasional.

Selanjutnya, Rektor UIN Mataram menceritakan terkait sejarah terciptanya Program Studi S1 Pariwisata Syariah, salah satunya untuk mengisi Industry Halal dengan penghargaan yang diraih oleh Lombok sebagai Best Halal Tourism dan Best Honeymoon Destination, telah melewati diskusi yang panjang dan sangat dinamis dengan berbagai macam diskursus dengan substansi tepat. Alhamdulillah Program Studi ini lahir dan hadir untuk mengisi Industri Halal dan menjadi Prodi Pertama di PTKIN Indonesia dan kedepannya beliau akan merancang adanya Program S2 dan S3 berkaitan dengan Halal Industry.

Konferensi Internasional ini menghadirkan 17 presenter dari kalangan Mahasiswa dan Dosen, dari berbagai kampus, seperti IAIN Kudus, Universitas Mataram, Universitas Muhammadiyah Bengkulu, IAIN Bone, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, UIN Jember dan mahasiswa dari FEBI UIN Mataram.

Add a Comment

Your email address will not be published.