Dekan FEBI UIN Mataram, Prof. Dr. Riduan Mas’ud, M.Ag, Menjadi PIC Rakernas AFEBIS di Jakarta

Dekan FEBI UIN Mataram, Prof. Dr. Riduan Mas’ud, M.Ag, Menjadi PIC Rakernas AFEBIS di Jakarta

Jakarta, 2 Juni 2024 — Prof. Dr. Riduan Mas’ud, M.Ag, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram, bertindak sebagai Penanggung Jawab (PIC) dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (AFEBIS) yang diadakan di Hotel Grand Orchardz, Kemayoran, Jakarta Barat. Acara ini berlangsung dari tanggal 31 Mei hingga 2 Juni 2024 dan mengusung tema “Penguatan Kualitas SDM dan Tata Kelola FEBI/FEB PTKIN Menuju Unggul”.

Sebagai PIC, Prof. Riduan Mas’ud memainkan peran kunci dalam penyelenggaraan Rakernas yang dihadiri oleh para dekan dan pengurus FEBI/FEB dari berbagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di seluruh Indonesia. Dalam sambutannya, Prof. Riduan menyatakan bahwa tema yang diusung sangat relevan dengan tantangan yang dihadapi saat ini. “Penguatan kualitas SDM dan tata kelola fakultas adalah fondasi utama dalam upaya meningkatkan daya saing dan reputasi FEBI/FEB PTKIN di tingkat nasional maupun internasional,” ujarnya.

Rakernas yang berlangsung selama tiga hari ini diisi dengan berbagai diskusi dan workshop yang mendalam, mencakup topik-topik penting seperti:
1. Pengembangan Kompetensi SDM: Strategi peningkatan kompetensi dosen dan tenaga kependidikan melalui pelatihan, peningkatan kualifikasi akademik, dan sertifikasi profesional.
2. Tata Kelola Fakultas: Pembahasan praktik terbaik dalam manajemen fakultas, termasuk aspek keuangan, administrasi, dan akreditasi program studi. Para peserta berbagi pengalaman sukses dari berbagai FEBI/FEB PTKIN.
3. Kolaborasi dan Networking: Pembangunan jaringan kerjasama antar fakultas dan dengan institusi lainnya, baik di dalam maupun luar negeri, untuk memperluas peluang penelitian, pertukaran pelajar, dan program kolaboratif lainnya.

Prof. Riduan juga menekankan pentingnya implementasi hasil-hasil Rakernas untuk mencapai tujuan bersama. “Kami berharap bahwa setiap rekomendasi yang dihasilkan dari Rakernas ini dapat diterapkan secara efektif di fakultas masing-masing, sehingga kita dapat melihat peningkatan nyata dalam kualitas pendidikan dan tata kelola,” katanya.

Sebagai PIC, Prof. Riduan memastikan bahwa seluruh rangkaian acara berjalan lancar dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Ia juga berkomitmen untuk mengawal tindak lanjut dari hasil Rakernas ini agar memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi seluruh anggota AFEBIS.

Rakernas ini diharapkan menghasilkan langkah-langkah konkret yang dapat diambil oleh AFEBIS dan seluruh anggotanya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di FEBI/FEB PTKIN di Indonesia. Dengan demikian, fakultas-fakultas ini dapat mencapai predikat unggul dan menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap bersaing di era global.

Acara ditutup dengan kesepakatan para peserta untuk terus menjaga komunikasi dan kolaborasi yang lebih erat antar fakultas, serta berkomitmen untuk melaksanakan hasil-hasil Rakernas demi kemajuan bersama. Prof. Riduan menegaskan, “Kolaborasi dan komitmen kita bersama adalah kunci menuju kesuksesan dan kejayaan FEBI/FEB/FE PTKIN di masa depan.”

Add a Comment

Your email address will not be published.