Raker AFEBIS Komitmen Internasionalisasi FEBI

Raker AFEBIS Komitmen Internasionalisasi FEBI

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Pontianak, Dr. Samsul Hidayat, MA menghadiri Rapat Kerja Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (AFEBIS) yang diadakan di Hotel Grand Orchadz, Kemayoran, Jakarta. Acara yang berlangsung dari tanggal 31 Mei sampai dengan 2 Juni 2024 ini mengusung tema “Penguatan Kualitas SDM dan Tata Kelola FEBI/FEB PTKIN Menuju Unggul”.

Pada rapat kerja tersebut, beberapa program kerja AFEBIS tahun 2024 sudah disiapkan dan disepakati untuk dilaksanakan. Ada 4 program prioritas AFEBIS tahun 2024 selain kegiatan kemitraan dengan FEBI se-Indonesia.

Program pertama, penguatan kelembagaan dan networking AFEBIS, dalam hal ini diperlukan database yang lengkap misalnya jumlah guru besar di FEBI, jumlah prodi, jumlah mahasiswa dan lain lain. Selain itu perlu di dorong melakukan LoA dengan mitra asing, jumlah database asesor FEBI, dan rekomendasi pendirian Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dilingkungan institusi masing-masing.

Program kedua, Internasionalisasi fakultas dan prodi melalui program Redesign kurikulum, guest lecture, PkM, recognisi dosen, student mobility, join program, dan lain-lain. Intinya prodi harus dapat melampaui Standar Nasional Perguruan Tinggi (SNPT) dan Renstra yang dibuat olah fakultas. “Misalnya jika dalam SNPT masa lulusan adalah 4.6 tahun, dan resntra adalah 4.5 tahun, maka capaian yang harus di raih adalah 4.4 tahun. Dari sini baru prodi bisa unggul” ujar Samsul Hidayat.

Ketua AFEBIS Prof. Tulus dalam materinya menyampaikan, pada kegiatan Pengabdian pada Masyarakat (PkM) tidak hanya dosen kita yang keluar, tapi dosen asing juga bisa difasilitasi untuk melakukan riset PkM bermitra dengan dosen FEBI. “Intinya bagaimana dosen FEBI memberikan kontribusi pada pengembangan ekonomi syariah, seperti melakukan penguatan buruh migran dalam pendekatan multi disiplin” ujarnya.

Program ketiga, pengembangan kurikulum dan keprodian, misalnya melakukan redesign kurikulum yang berbasis OBE. Outcome Based Education (OBE) merupakan kurikulum yang mengacu pada outcome. Sehingga tidak materi saja yang harus diaplikasikan di dalam kelas, namun juga mempersiapkan bagaimana lulusan (outcome) yang telah dibekali kemampuan untuk menghadapi dunia kerja.

Program keempat, pengembangan SDM dilingkungan FEBI. Diperlukan program kegiatan akselerasi Dekan dan akademika menjadi Guru Besar. AFEBIS akan menindaklanjutinya dengan melakukan pelatihan percepatan guru besar bagi pimpinan Fakultas sehingga, diharapkan dapat memacu pertumbuhan SDM dilingkungan kampus masing-masing.

Sumber: Erika SM (febi.iainptk.ac.id)

Add a Comment

Your email address will not be published.