Prof. Ibnu Qizam dan Prof. Misnen Ardiansyah Bagikan Pengalaman Menuju Akreditasi Unggul pada Rakernas AFEBIS

Prof. Ibnu Qizam dan Prof. Misnen Ardiansyah Bagikan Pengalaman Menuju Akreditasi Unggul pada Rakernas AFEBIS

Jakarta, 2 Juni 2024 — Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (AFEBIS) yang berlangsung di Hotel Grand Orchardz, Kemayoran, Jakarta Barat, menjadi ajang berbagi pengalaman berharga dari para narasumber terkemuka di bidang tata kelola fakultas ekonomi dan bisnis. Prof. Ibnu Qizam, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UIN Jakarta, dan Prof. Misnen Ardiansyah, Wakil Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, menyampaikan insight dan strategi mereka dalam sesi diskusi yang dipandu oleh Dr. Samsul Hidayat, Dekan FEBI IAIN Pontianak.

Dalam sesi sharing experience ini, Prof. Ibnu Qizam memaparkan berbagai strategi yang telah diterapkan di FEB UIN Jakarta untuk mencapai akreditasi unggul. Ia menekankan pentingnya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan implementasi sistem manajemen mutu yang berkelanjutan. “Kami fokus pada pengembangan kompetensi dosen dan staf, serta memastikan adanya program pelatihan berkelanjutan. Selain itu, penerapan ISO 21001 sebagai standar sistem manajemen pendidikan juga sangat membantu dalam mencapai target akreditasi unggul,” ujarnya.

Sementara itu, Prof. Misnen Ardiansyah berbagi pengalaman dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, yang berhasil mencapai akreditasi unggul melalui pendekatan berbasis kolaborasi dan inovasi. “Kami mendorong kolaborasi antara fakultas dan industri, serta memperkenalkan program-program inovatif yang relevan dengan kebutuhan pasar. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan kualitas pendidikan, tetapi juga memberikan nilai tambah bagi mahasiswa dan lulusan kami,” jelasnya.

Diskusi yang dipandu oleh Dr. Samsul Hidayat berlangsung interaktif dengan banyaknya pertanyaan dan diskusi dari peserta Rakernas. Dr. Samsul, dengan pengalamannya sebagai Dekan FEBI IAIN Pontianak, berhasil mengarahkan jalannya diskusi sehingga setiap peserta mendapatkan wawasan dan inspirasi yang berguna untuk diterapkan di institusi masing-masing. “Kami berharap pengalaman dan strategi yang dibagikan oleh kedua narasumber dapat menjadi referensi bagi kita semua dalam upaya mencapai akreditasi unggul,” kata Dr. Samsul.

Rakernas AFEBIS ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas tata kelola dan pendidikan di FEBI/FEB PTKIN di seluruh Indonesia. Dengan tema “Penguatan Kualitas SDM dan Tata Kelola FEBI/FEB PTKIN Menuju Unggul,” acara ini diharapkan dapat menghasilkan langkah-langkah konkret yang dapat diimplementasikan oleh setiap anggota AFEBIS untuk meningkatkan mutu pendidikan dan tata kelola di fakultas mereka.

Acara ditutup dengan komitmen bersama untuk terus berkolaborasi dan berbagi pengetahuan demi kemajuan bersama. Para peserta sepakat untuk mengadopsi praktik terbaik yang telah dibagikan oleh para narasumber, dengan harapan dapat mencapai akreditasi unggul dan meningkatkan daya saing di tingkat nasional dan internasional.

Add a Comment

Your email address will not be published.