Dosen FEBI IAIN Pontianak Telaah Transformasi Digital Bidang Zakat Sebagai Bahan Kajian di KAIB Ke-XV Brunei Darussalam

Dosen FEBI IAIN Pontianak Telaah Transformasi Digital Bidang Zakat Sebagai Bahan Kajian di KAIB Ke-XV Brunei Darussalam

Universiti Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA) menjadi tuan rumah bagi Konferensi Antarbangsa Islam Borneo (KAIB) Ke-XV di Brunei Darussalam pada tanggal 5-6 Juni 2024. Kegiatan ini dihadiri oleh 40 kalangan akademisi dari Perguruan Tinggi Internasional.

Hal yang menarik perhatian bagi peneliti dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Dr. Luqman, M.S.I., Rianda Hanis, M.E., Rahmah Yulisa Kalbarini, M.SEI., dan Nia Zulinda, M.A., yang berjudul “Typology of Muzakki in The Digital Era: A Study on The Payment of Zakat, Infaq and Sadaqah (ZIS) in Multicultural Muslim Communities”. Penelitian ini membahas konteks masyarakat Muslim Multikultural di era digital khususnya daerah Kalimantan Barat, dengan mengeksplorasi perilaku dan pandangan masyarakat muslim terhadap digitalisasi, telah terjadi perubahan dalam membayar Zakat, Infaq dan Sadaqah.

Selanjutnya, faktor transparansi menjadi hal yang berpengaruh terhadap meningkatnya pembayaran zakat melalui E-Zakat, karena memiliki dampak positif terhadap perilaku masyarakat baik dalam segi pembayaran maupun pengelolaan dana keagamaan di masa yang akan datang.

“Studi ini memberikan wawasan yang berharga tentang bagaimana kita dapat memahami lebih baik peran teknologi dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam membayar dan pengelolaan zakat serta dana keagamaan lainnya”., ujar Rianda.

Dalam kesempatan ini, Dosen FEBI IAIN Pontianak berkomitmen untuk terus memberikan kontribusi pemikiran dan penelitian yang bermanfaat khususnya bidang pengelolaan dana keagamaan, baik di wilayah Kalimantan Barat namun skala Internasional.

Penulis: Erika

Editor: Sasha

Add a Comment

Your email address will not be published.