IAIN Pontianak Selenggarakan Konferensi Antarbangsa Islam Borneo 2025

IAIN Pontianak Selenggarakan Konferensi Antarbangsa Islam Borneo 2025

Konferensi Antarbangsa Islam Borneo (KAIB) memang selalu jadi ajang penting buat mempererat hubungan antara negara-negara di wilayah Borneo. Nah, tahun 2024 ini, KAIB ke-15 sukses digelar di Universiti Islam Sultan Syarif Ali (UNISSA) Brunei Darussalam dari tanggal 5-7 Juni 2024, dengan lebih dari 200 akademisi dan peneliti dari dunia Islam yang ikut serta.

Penutupan KAIB ke-15 pada 6 Juni 2024 di ICC Brunei jadi momen penting, karena IAIN Pontianak resmi ditunjuk sebagai tuan rumah KAIB ke-16 tahun 2025. Serah terima kepanitiaan dilakukan oleh Rektor UNISSA Brunei Darussalam Prof. Dr. Nurarfan Bin Haji Zainal kepada Rektor IAIN Pontianak Prof. Dr. H. Syarif, S.Ag. MA.

Dalam sambutannya, Rektor IAIN Pontianak menyatakan kesiapan penuh untuk menjadi tuan rumah KAIB ke-16. Mereka akan segera mengadakan rapat internal untuk menyusun agenda dan persiapan lainnya, serta berencana mengadakan pertemuan pertama di UiTM MARA Sabah pada Juli 2024 di Kota Kinabalu.

“IAIN Pontianak siap menerima tonggak kepanitiaan ini untuk KAIB ke-16 tahun depan. Kita akan segera mengadakan rapat internal untuk mempersiapkan perhelatan ini, dan juga bertolak ke UiTM untuk pertemuan terkait pada Juli mendatang,” katanya.

Prof. Syarif juga berencana untuk menghadap Menteri Agama RI dan Gubernur Kalimantan Barat dalam waktu dekat, setelah pertemuan perdana di Kota Kinabalu, Sabah, menunjukkan komitmen IAIN Pontianak untuk suksesnya KAIB ke-16 dan memperkuat kerjasama lintas negara dan sektor.

Partisipasi IAIN Pontianak dalam KAIB ke-15 memberikan pengalaman berharga yang akan jadi dasar persiapan KAIB ke-16. Sukses akademik di KAIB ke-15 jadi motivasi tambahan bagi IAIN Pontianak untuk memberikan yang terbaik pada KAIB ke-16 tahun depan.

Penulis: Erika
Editor: Sasha

Add a Comment

Your email address will not be published.