Delegasi FEBI IAIN Parepare Berpartisipasi dalam International Academic Collaboration 2024 di Malaysia

Delegasi FEBI IAIN Parepare Berpartisipasi dalam International Academic Collaboration 2024 di Malaysia

Delegasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Parepare aktif berpartisipasi dalam acara International Academic Collaboration 2024 yang diadakan oleh Asean Academic Association di Pulau Penang dan Kuala Lumpur, Malaysia. Acara tersebut berlangsung selama enam hari, Senin-Sabtu (10-15/06/2024). Sejumlah kegiatan yang dilaksanakan dalam International Academic Collaboration 2024 ini meliputi visiting lecturer, research collaboration, community service, international conference, dan student mobility.

International Academic Collaboration 2024 dihadiri oleh berbagai perguruan tinggi dari Malaysia dan Indonesia, seperti Universiti Teknologi Mara, Universiti Utara Malaysia, Universiti Sains Malaysia, Institute of Business Excellence, University of Geomatika Malaysia, IAIN Parepare, UIN Sulthan Thaha Saifuddin, Universitas Komputer Indonesia, IAIN Metro, UIN Alauddin Makassar, Universitas Djuanda Bogor, UIN Antasari Banjarmasin, Universitas Jenderal Achmad Yani, Universitas Palangka Raya, dan STEBI Lampung.

Acara ini dimulai dengan pembukaan resmi di Hotel Ixora, Pulau Penang, Malaysia, yang dipimpin oleh Kay Dora Abd Ghani, Deputy Rector Universiti Teknologi Mara Pulau Penang Branch, dan Tulus Suryanto, Ketua Asean Academic Association dan Ketua Umum Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (AFEBIS).

Kay Dora Abd Ghani menyampaikan ucapan selamat datang kepada semua peserta di Pulau Penang, Malaysia. Dalam sambutannya, ia menyatakan harapannya bahwa acara ini akan menjadi wadah untuk memperkuat hubungan kerjasama antar bangsa dan antar universitas yang terlibat. Ia menekankan pentingnya kolaborasi internasional dalam memperkaya wawasan dan menciptakan solusi inovatif untuk tantangan global yang dihadapi oleh institusi pendidikan tinggi.

Sementara itu, Tulus Suryanto berharap bahwa kegiatan ini akan meningkatkan kapasitas dan kemampuan para peserta. “Dengan kolaborasi internasional seperti ini, kita dapat saling belajar, mengembangkan metode pengajaran dan penelitian yang lebih baik, serta meningkatkan kualitas pendidikan di perguruan tinggi kita,” ujarnya. Tulus Suryanto juga menambahkan bahwa peningkatan kualitas pendidikan tinggi tidak hanya menguntungkan institusi, tetapi juga individu secara pribadi. “Melalui kegiatan ini, kita berharap dapat membangun jaringan yang kokoh antar universitas di Asia Tenggara dan memperluas peluang kerjasama di masa depan,” tambahnya.

Dengan berpartisipasi dalam International Academic Collaboration 2024, FEBI IAIN Parepare berkomitmen untuk terus menjalin kerja sama internasional dan meningkatkan kualitas pendidikan serta penelitian di tingkat global. Partisipasi dalam acara ini juga diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan ilmu ekonomi dan bisnis Islam, serta memperkuat posisi IAIN Parepare di kancah akademik internasional. (mma/mif)

Sumber: FEBI IAIN Parepare

Add a Comment

Your email address will not be published.